Rabu, 30 September 2015

My Hometown Banjarmasin

haiii hari ini aku akan bercerita sedikit tentang daerah asalku yaitu kota "Banjarmasin". oke langsung sajaaa. banjarmasin adalah kota yang dijuluki sebagai kota seribu sungai, karena dibanjarmasin itu memang daerah rawa yang memiliki sungai. hampir setiap sudut dialiri oleh sungai.

ciri khas banjarmasin yang biasa dikenal sebagai "PASAR TERAPUNG". pasar terapung adalah pasar yang berada diatas permukaaan sungai. orang orang berujualan diatas jukung (bahasa indonesianya perahu) ini adalah salah satu pasar tradisional yang ada di banjarmasin yang terletak dimuara sungai kuin. pasar ini baru buka setelah sholat subuh. dahulu banyak orang dari luar pulau kalimantan hanya untuk merasakan asiknya berbelanja di pasar terapung. karena sekarang orang orang lebih memilih untuk berbelanja di darat karena akses ke pasar terapung mulai sulit dan orang orang sudah mulai jarang mempunyai jukung dan lebih memilih menggunakan kendaraaan bermotor sehingga menyebabkan keberadaan pasar terapung ini mulai mengalami kepunahan. padahal pasar terapung ini salah satu wisata yang patut untuk dikunjungi.

Pasar Terapung
 

selanjutnya saya akan memberikan sedikit informasi mengenai budaya dibanjarmasin. budaya banjar dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Banjar khususnya dalam bentuk kesenian, tarian, musik, pakaian, permainan dan upacara tradisional. salah satu tarian khas banjarmasin adalah tarian "Baksa Kembang" yang mempunyai arti "Baksa = kelembutan, yang mempuyai arti untuk menghormati tamu yang dihormati. ini adalah tarian yang biasa digunakan untuk upacara di kerajaan banjar jaman dulu. dijaman sekarang tarian ini masih digunakan meskipun sudah jarang ditemui. Penari tari Baksa Kembang mesti ganjil. Selain itu, rangkaian bunga yang diberikan kepada tamu kehormatan merupakan rangkaian bunga perpaduan dari bunga mawar dan melati yang disebut oleh masyarakat setempat kembang Bogam.

Tari Baksa Kembang


yang terakhir adalah masakan khas banjarmasin. ada salah satu makanan khas banjarmasin yaitu "Bingka". makanan ini adalah makanan yang berbentuk seperti bunga. Kue ini biasanya disajikan pada saat acara acara tertentu oleh suku banjar. Kue ini mempunyai rasa manis dan legit dengan tekstur yang lembut seperti bolu. ada juga masakan khas banjar yaitu "Nasi Kuning Masak Habang". nasi kuning ini sebenarnya banyak kita jumpai di daerah lain, tetapi yang membuat berbeda adalah lauknya, yaitu "Sambal Masak Habang". sambal masak habang (masak merah) ini berbeda dari yang lain, karena rasanya tidak pedas malahan rasanya manis karena ada gula merah didalamnya. makanan ini sangat laris dibanjarmasin karena rasanya yang enak dan murah.

 Bingka

Nasi Kuning Masak Habang
 jadi itulah beberapa hal dari daerah saya. semoga pembaca bisa menikmatinya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar